Let's Move and Dance With Octo Dancer Family Guys!

Minggu, 13 Januari 2013

Hambatan Dalam Belajar? Mau tau? Baca yuuuk


Haihaihai! Nah*tapuk nyamuk*, sekarang aku muncul diperadaban post blog bukan buat bahas anak-anak Octo-D dulu. Kali ini aku mau nulis masalah beberapa hambatan siswa dalam meraih prestasi optimal dalam kegiatan belajar lan sakpanunggalane*cinta Jawa mas bro, mbak bro*. Nggak Cuma itu, aku juga mau kasih beberapa tips nih, buat temen-temen, kakak-kakak, dan adik-adik yang baca post ini. Semoga aja bisa bermanfaat. Kalo suka boleh terus dibaca, kalo gak suka diinget dalem ingatan biasa aja juga gakpapa;) Selera orang selalu bhineka kan? ;;)
Nah, sekarang mau bahas apa dulu nih? Mau hambatan dulu apa tips dulu? Ya pasti latar belakang dululah ya*duh, kok malah bahas struktur karya tulis ilmiah ki piye sih*. Yaudah, latar belakang duu wae.
Jadi, siswa-mahasiswa bahkan eks-siswa sering mengalami hambatan dalam proses belajar. Kalo kata guru Fisika favorit aku, Bu Ike, hambatan itu R=  ahahaha. Iya itu kalo di rangkaian listrik tuh gitu. Tapi nek hambatan dalam belajar yang aku maksud ini tuh beda. Hambatan dalam belajar itu semacam segala hal yang membuat proses belajar tersendat, berhenti, bahkan harus mengulang kembali dari awal proses tersebut apabila kita ‘tersenggol’ sedikit hambatan tersebut.
Nah, hambatan dalam belajar itu macem-macem guys. Mulai dari yang sederhana aja, kepercayaan dari dalam diri sendiri itu bisa berpengaruh lho. Ketika kalian diberi pertanyaan lisan yang ‘seharusnya’ bisa menjadi tolok ukur guru terhadap proses belajarmu, kamu pasti deg-degan dulu sebelum dikasih tau pertanyaannya. Baru disebut nama aja udah jedag jedug jedar membahana badai halilintar~ Nah, ini juga merupakan hambatan lho. Karna belajar itu bukan masalah kamu jago ngerjain soal, njenuk, njingkrung, tapi belajar itu proses perubahan dari yang tidak tahu menjadi tahu tentang ilmu pengetahuan, etika, dan estetika, serta mampu menerapkannya dalam kehidupan. Makanya, di luar negeri, para siswa itu kalo dapet nilai yang kurang, guru emang selalu kasih tambahan jam, tapi bukan buat bahas materi dan kamu diplepekin soal bernomor-nomor. Setauku, di luar negeri, tambahan pelajaran dilakukan selama 30 menit, 15 menit untuk membahas materi, dan 15 menit untuk sharing. Nah, 15 minutes for sharing ini dipergunakan total oleh seorang guru untuk memberi semangat, motivasi, dan segala rupa yang bisa mempuat anak tersebut tidak minder. Kadang,meski cuma, ‘Hey, you just try it again. Don’t sad, don’t be affraid, I’m in here.’ nya guru-guru sana itu, nancep nek buatku. Dan sehabis denger kata-kata itu, aku bakal berusaha, belajar keras, buat dapet nilai yang bagus dan buat penyemangatku bangga.
Nah, masalah ‘pede-pedean udah. Yang sering dialami lagi sih ini faktor ‘L’. Lebah? Lalat? Laba-laba? Luar biasa terpampang membahana? Oh bukan. ‘L’. Lelah, lemes, lunglai, letih, laperrrr. Iya nggak? Mesti ada yang jawab enggak. Ya karena emang gak semua gitu. Kalo aku sendiri sering banget ngalamin lelah. Capek. Bayangin aja aku berangkat jam 05.45 pagi buat berangkat sekolah, dan pulang jam 12.15 (sehabis sholat dzuhur) kalo nggak ada jam tambahan. Ya jalan satu-satunya Cuma berhenti belajar. Perlu kalian tau, ketika kita tidur, otak kita tidak tidur. Maka dia butuh dihibur. Jadi sebenernya, kurang baik andai otak terus menerus dipacu untuk belajar. Harus ada ruang untuk musik, dan tertawa. Membangkitkan rasa bahagia di sela-sela penatnya hati yang bener-bener bikin empet itu susah lho, guys. Tapi kalo keadaan memaksa kita buat fokus ya apalah daya. Pake aja waktu istirahat di jam KBM itu buat bener-bener istirahat. Buat yang muslim, sholat dhuha itu bisa nyegerin otak juga lho. Gerakan sholat itu kalo dilakukan dengan benar, bermanfaat buat tubuh lho guys. Nah, buat temen-temen lainnya, pake aja waktu istirahat buat bercanda sebentar sama temen, ngobrol-ngobrol sambil makan cemilan. Isi perut itu wajib. Jangan sampe perut kalian kosong padahal otak kalian harus bekerja beberapa jam lagi. Jangan bikin otak kalian mogok kerja karena nggak dikasih gajinya.
Then, menurut survey, hal yang paling menghambat siswa dalam belajar adalah suasana tempat belajarnya. Ya aku juga pernah ngerasain itu waktu kelas 4 SD. Kebetulan saat itu SD-ku masih beruba SD kecil ditengah desa yang kecil juga. Deket sama pemukiman warga desa, dan deket sama fasilitas desa. Nah, pas kelas 4 itu, kebetulan aku dapet kelas yang agak sempit. Jadi kalo siang, puanasnya minta ampun. Kalo hujan lembabnya gak karuan. Dan itu emang bener-bener ngerusak mood belajar. Tapi habis itu udah kebiasaan, jadi lama-lama tubuh terdesain untuk belajar di kelas itu dan biasa dengan keadaan kelas itu.
Nah, Tempat belajar merupakan faktor penting dalam suksesnya pembelajaran. Bukan jelek-bagusnya tempat itu, tapi lebih pada suasana tempat itu. Ada yang bilang kalo tempat belajar itu ramai bikin gak bisa konsentrasi. Ada juga yang bilang kalo tempat belajar itu terlalu mengekang, jadi susah meng-explore kreatifitas dan susah mengungkapkan aspirasi, itu bikin tertekan dan stuck, nggak bisa ngapa-ngapain, kayak robot yang tinggal iya-iya aja dan nggak bisa meluapkan sesuatu yang mengganjal dalam hati. Ada juga yang bilang kalo tempat belajar itu terlalu menekan, sehingga mereka merasa terancam, jadi susah fokus belajar dan susah ngeraih hasil yang optimal. Ya kalo itu emang tergantung kondisi lingkungannya juga. Kalo menuruku sih, sesempit, seramai, se-mengekang, dan se-menekan apapun lingkunganmu, kamu harus coba buat buktiin. Kalian bisa tetep fokus dan bisa optimal. Tekanan, ancaman, dan segala rupa itu, anggep aja jadi pigura yang nanti bakal ada dipinggir foto hasil kalian. Lho, kadang kalian liat sendiri kan? Banyak ahli, profesor, doktor, dan lain-lainnya yang dulu belajar dalam kondisi ditekan, dikekang, dan diancam?
Sebenernya, kalian juga gak boleh malu buat menyampaikan aspirasi kalian ke pihak penyelenggara tempat belajar. Kalo di rumah, ya kamu bilang sama ayah atau ibu tentang meja belajarmu kalo kurang nyaman. Tapi lihat kondisi lho ya. Terus kalo di sekolah, biasanya ada tempat kritik dan saran gitu kan? Nah, sampein aja di situ. Lagian, tempat belajar yang justru membuat orang yang belajar di dalamnya merasa terkekang, terancam, dan tidak nyaman, pada akhirnya juga nggak bisa berbuat apa-apa ketika kita bisa kasih hal yang maksimal, dan hasil yang kurang optimal. Kadang, hasil kita yang maksimal lah yang membungkam, iya nggak? Ahaha.
Nah, dari hambatan-hambatan tadi, aku mau kasih tips nih. Pokoknya, kalian jangan berfikir bahwa belajar itu kudu dapet nilai bagus. Percuma kalo kalian dapet nilai bagus tapi hasil ‘cabutan’. Berfikirlah bahwa kalian harus mulai dan melalui beberapa step pembelajaran dengan bagus, kalo mulai dan prosesnya udah bagus, Insyaallah kalian bisa menutup dengan hasil yang bagus.
Kalian juga harus bisa mengaplikasikan ilmu kalian. Misalnya pelajaran ekonomi, belajar tentang memanage uang. Ya coba aja pelan-pelan memanage keuangan. Kadang belajar, dengan mengkaitkan ilmu tersebut dengan kehidupan itu lebih mudah lho. Kalian jadi nggak terpaku buat hafalan terus, tapi kalian juga paham konsep, bisa mengaplikasikan, dan ngerti seberapa pentingnya ilmu itu buat hidup kita nanti. Inget. Sekarang mungkin belum kerasa, tapi kalo kita udah dewasa, pasti kerasa. Jangan diforsir juga. Diforsir itu justru bikin otak kita marah. Jadinya bisa pusing, nangis, marah, dan lain-lain. Kalo waktu belajar kamu udah pusing atau udah ngantuk, stop belajar. Jangan dipaksa. Apalagi kalo kondisi badan lagi gak enak.
Kalo masalah suasana tempat belajar, ya pokoknya kalian harus bisa nyampein pendapat kalian ke orang yang bertanggungjawab sama tempat belajar tersebut. Percuma juga lho kalian udah susah-susah berusaha optimal, tapi justru terpengaruh sama hal yang ya cukup besar dampaknya. Karena tertekan itu penyakit paling susah disembuhkan lho. Jadi perlu ada kerjasama nih. Jangan sampe pihak tempat belajar membuat orang-orangnya merasa terancam, dan orang-orangnya juga harus berusaha buat positive thinking.
Nah, segini dulu ya. Selamat belajar. Sehat, senang, semangat! Selamat belajar!;;)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar