Haihaihai! Nah*tapuk nyamuk*, sekarang aku muncul
diperadaban post blog bukan buat bahas anak-anak Octo-D dulu. Kali ini aku mau
nulis masalah beberapa hambatan siswa dalam meraih prestasi optimal dalam
kegiatan belajar lan sakpanunggalane*cinta Jawa mas bro, mbak bro*. Nggak Cuma
itu, aku juga mau kasih beberapa tips nih, buat temen-temen, kakak-kakak, dan
adik-adik yang baca post ini. Semoga aja bisa bermanfaat. Kalo suka boleh terus
dibaca, kalo gak suka diinget dalem ingatan biasa aja juga gakpapa;) Selera
orang selalu bhineka kan? ;;)
Nah, sekarang mau bahas apa dulu nih? Mau hambatan dulu apa tips dulu?
Ya pasti latar belakang dululah ya*duh, kok malah bahas struktur karya tulis
ilmiah ki piye sih*. Yaudah, latar belakang duu wae.
Jadi, siswa-mahasiswa bahkan eks-siswa sering
mengalami hambatan dalam proses belajar. Kalo kata guru Fisika favorit aku, Bu
Ike, hambatan itu R=
ahahaha. Iya itu kalo di rangkaian listrik tuh
gitu. Tapi nek hambatan dalam belajar yang aku maksud ini tuh beda. Hambatan
dalam belajar itu semacam segala hal yang membuat proses belajar tersendat,
berhenti, bahkan harus mengulang kembali dari awal proses tersebut apabila kita
‘tersenggol’ sedikit hambatan tersebut.
Nah, hambatan dalam belajar itu
macem-macem guys. Mulai dari yang sederhana aja, kepercayaan dari dalam diri
sendiri itu bisa berpengaruh lho. Ketika kalian diberi pertanyaan lisan yang
‘seharusnya’ bisa menjadi tolok ukur guru terhadap proses belajarmu, kamu pasti
deg-degan dulu sebelum dikasih tau pertanyaannya. Baru disebut nama aja udah
jedag jedug jedar membahana badai halilintar~ Nah, ini juga merupakan hambatan
lho. Karna belajar itu bukan masalah kamu jago ngerjain soal, njenuk,
njingkrung, tapi belajar itu proses perubahan dari yang
tidak tahu menjadi tahu tentang ilmu pengetahuan, etika, dan estetika, serta
mampu menerapkannya dalam kehidupan. Makanya, di luar negeri, para siswa itu
kalo dapet nilai yang kurang, guru emang selalu kasih tambahan jam, tapi bukan
buat bahas materi dan kamu diplepekin soal bernomor-nomor. Setauku, di luar
negeri, tambahan pelajaran dilakukan selama 30 menit, 15 menit untuk membahas
materi, dan 15 menit untuk sharing. Nah, 15 minutes for sharing ini
dipergunakan total oleh seorang guru untuk memberi semangat, motivasi, dan
segala rupa yang bisa mempuat anak tersebut tidak minder. Kadang,meski cuma,
‘Hey, you just try it again. Don’t sad, don’t be affraid, I’m in here.’ nya
guru-guru sana itu, nancep nek buatku. Dan sehabis denger kata-kata itu, aku
bakal berusaha, belajar keras, buat dapet nilai yang bagus dan buat
penyemangatku bangga.
Nah, masalah ‘pede-pedean udah. Yang
sering dialami lagi sih ini faktor ‘L’. Lebah? Lalat? Laba-laba? Luar biasa
terpampang membahana? Oh bukan. ‘L’. Lelah, lemes, lunglai, letih, laperrrr.
Iya nggak? Mesti ada yang jawab enggak. Ya karena emang gak semua gitu. Kalo
aku sendiri sering banget ngalamin lelah. Capek. Bayangin aja aku berangkat jam
05.45 pagi buat berangkat sekolah, dan pulang jam 12.15 (sehabis sholat dzuhur)
kalo nggak ada jam tambahan. Ya jalan satu-satunya Cuma berhenti belajar. Perlu
kalian tau, ketika kita tidur, otak kita tidak tidur. Maka dia butuh dihibur.
Jadi sebenernya, kurang baik andai otak terus menerus dipacu untuk belajar.
Harus ada ruang untuk musik, dan tertawa. Membangkitkan rasa bahagia di
sela-sela penatnya hati yang bener-bener bikin empet itu susah lho, guys. Tapi
kalo keadaan memaksa kita buat fokus ya apalah daya. Pake aja waktu istirahat
di jam KBM itu buat bener-bener istirahat. Buat yang muslim, sholat dhuha itu
bisa nyegerin otak juga lho. Gerakan sholat itu kalo dilakukan dengan benar,
bermanfaat buat tubuh lho guys. Nah, buat temen-temen lainnya, pake aja waktu
istirahat buat bercanda sebentar sama temen, ngobrol-ngobrol sambil makan
cemilan. Isi perut itu wajib. Jangan sampe perut kalian kosong padahal otak
kalian harus bekerja beberapa jam lagi. Jangan bikin otak kalian mogok kerja
karena nggak dikasih gajinya.
Then, menurut survey, hal yang paling
menghambat siswa dalam belajar adalah suasana tempat belajarnya. Ya aku juga
pernah ngerasain itu waktu kelas 4 SD. Kebetulan saat itu SD-ku masih beruba SD
kecil ditengah desa yang kecil juga. Deket sama pemukiman warga desa, dan deket
sama fasilitas desa. Nah, pas kelas 4 itu, kebetulan aku dapet kelas yang agak
sempit. Jadi kalo siang, puanasnya minta ampun. Kalo hujan lembabnya gak
karuan. Dan itu emang bener-bener ngerusak mood belajar. Tapi habis itu udah
kebiasaan, jadi lama-lama tubuh terdesain untuk belajar di kelas itu dan biasa
dengan keadaan kelas itu.
Nah, Tempat belajar merupakan faktor
penting dalam suksesnya pembelajaran. Bukan jelek-bagusnya tempat itu, tapi
lebih pada suasana tempat itu. Ada yang bilang kalo tempat belajar itu ramai bikin
gak bisa konsentrasi. Ada juga yang bilang kalo tempat belajar itu terlalu
mengekang, jadi susah meng-explore kreatifitas dan susah mengungkapkan
aspirasi, itu bikin tertekan dan stuck, nggak bisa ngapa-ngapain, kayak robot
yang tinggal iya-iya aja dan nggak bisa meluapkan sesuatu yang mengganjal dalam
hati. Ada juga yang bilang kalo tempat belajar itu terlalu menekan, sehingga
mereka merasa terancam, jadi susah fokus belajar dan susah ngeraih hasil yang
optimal. Ya kalo itu emang tergantung kondisi lingkungannya juga. Kalo menuruku
sih, sesempit, seramai, se-mengekang, dan se-menekan apapun lingkunganmu, kamu
harus coba buat buktiin. Kalian bisa tetep fokus dan bisa optimal. Tekanan,
ancaman, dan segala rupa itu, anggep aja jadi pigura yang nanti bakal ada
dipinggir foto hasil kalian. Lho, kadang kalian liat sendiri kan? Banyak ahli,
profesor, doktor, dan lain-lainnya yang dulu belajar dalam kondisi ditekan,
dikekang, dan diancam?
Sebenernya, kalian juga gak boleh malu
buat menyampaikan aspirasi kalian ke pihak penyelenggara tempat belajar. Kalo
di rumah, ya kamu bilang sama ayah atau ibu tentang meja belajarmu kalo kurang
nyaman. Tapi lihat kondisi lho ya. Terus kalo di sekolah, biasanya ada tempat
kritik dan saran gitu kan? Nah, sampein aja di situ. Lagian, tempat belajar
yang justru membuat orang yang belajar di dalamnya merasa terkekang, terancam,
dan tidak nyaman, pada akhirnya juga nggak bisa berbuat apa-apa ketika kita bisa
kasih hal yang maksimal, dan hasil yang kurang optimal. Kadang, hasil kita yang
maksimal lah yang membungkam, iya nggak? Ahaha.
Nah, dari hambatan-hambatan tadi, aku mau
kasih tips nih. Pokoknya, kalian jangan berfikir bahwa belajar itu kudu dapet
nilai bagus. Percuma kalo kalian dapet nilai bagus tapi hasil ‘cabutan’.
Berfikirlah bahwa kalian harus mulai dan melalui beberapa step pembelajaran
dengan bagus, kalo mulai dan prosesnya udah bagus, Insyaallah kalian bisa
menutup dengan hasil yang bagus.
Kalian juga harus bisa mengaplikasikan
ilmu kalian. Misalnya pelajaran ekonomi, belajar tentang memanage uang. Ya coba
aja pelan-pelan memanage keuangan. Kadang belajar, dengan mengkaitkan ilmu
tersebut dengan kehidupan itu lebih mudah lho. Kalian jadi nggak terpaku buat
hafalan terus, tapi kalian juga paham konsep, bisa mengaplikasikan, dan ngerti
seberapa pentingnya ilmu itu buat hidup kita nanti. Inget. Sekarang mungkin
belum kerasa, tapi kalo kita udah dewasa, pasti kerasa. Jangan diforsir juga.
Diforsir itu justru bikin otak kita marah. Jadinya bisa pusing, nangis, marah,
dan lain-lain. Kalo waktu belajar kamu udah pusing atau udah ngantuk, stop
belajar. Jangan dipaksa. Apalagi kalo kondisi badan lagi gak enak.
Kalo masalah suasana tempat belajar, ya
pokoknya kalian harus bisa nyampein pendapat kalian ke orang yang
bertanggungjawab sama tempat belajar tersebut. Percuma juga lho kalian udah
susah-susah berusaha optimal, tapi justru terpengaruh sama hal yang ya cukup
besar dampaknya. Karena tertekan itu penyakit paling susah disembuhkan lho.
Jadi perlu ada kerjasama nih. Jangan sampe pihak tempat belajar membuat
orang-orangnya merasa terancam, dan orang-orangnya juga harus berusaha buat
positive thinking.
Nah, segini dulu ya. Selamat belajar.
Sehat, senang, semangat! Selamat belajar!;;)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar